Pada masa sekarang ini permintaan terhadap berbagai teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi akan semakin banyak lagi, pengembangan teknologi listrik mekanik pada berbagai piranti teknologi nantinya tentu akan sangat berguna dan dipertimbangkan untuk lebih berkembang lagi. Pada tahun 2010, suatu produsen telepon seluler asal Finlandia yang produknya telah tersebar luas, kini telah mematenkan suatu teknologi yang dapat membuat telepon selularnya dapat menambahkan daya dengan sendirinya hanya dengan mekanikan dari pemakainya. Pada baterai telepon selular terbaru yang digunakannya, mereka menggunakan material listrik mekanik yang hingga kini pun masih terus menerus dikembangkan untuk menyempurnakannya.

Pada kenyataannya, sumber daya listrik yang ada kini terbatas, namun sebenarnya manusia pun dapat menjadi sumber dari energi tersebut. Tubuh manusia mampu memproduksi energi yang cukup untuk menambahkan daya kepada sebuah batu baterai, misalnya saat kita berjalan cepat atau aktif, tubuh dapat memproduksi daya sekitar 70 watt yang apabila daya ini dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi sebuah energi listrik maka bukan tidak mungkin akan mengurangi pemakaian energi listrik dari sumber yang terbatas.

Dalam teknologi lainnya, penempatan teknologi aktuator listrik mekanik dalam sebuah kamera digital dapat menghasilkan gambar yang anti kabur. Prinsipnya ialah pada saat terjadi goyangan maka sensor akan mendeteksinya dan aktuator listrik mekanik akan mengmekanikkan sebuah perangkat yang bertugas untuk menangkap bayangan suatu gambar. Teknologi listrik mekanik juga dapat digunakan sebagai sensor medis di dalam tubuh. Memang hingga saat ini teknologi listrik mekanik masih terus dikembangkan dan belum mendapatkan hasil yang sungguh maksimal, namun apabila berhasil dikembangkan dan dapat menjadi pasokan daya bagi segala perangkat elektronik tentunya hal ini akan sangat berguna.

Seiring perkembangan zaman nantinya, bukan tidak mungkin kita menemukan teknologi yang dapat digunakan tanpa memerlukan pasokan listrik dari sumber yang terbatas. Misalnya saja kita tak perlu lagi selalu mencarger telepon selular ataupun komputer jinjing lagi. Perubahan dan perkembangan teknologi ramah lingkungan semakin banyak dilakukan atas tujuan menjawab permintaan dari manusia-manusia yang peduli akan kelangsungan sumber daya terbatas.